News

Sah! Laksamana Yudo Jadi Panglima TNI Saat Rapat Paripurna

Losresultados.infoDewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mengesahkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Pengesahan diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR yang digelar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/12/2022). Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyampaikan laporan hasil uji kelaikan dan kepatutan atau fit and proper test calon Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

“Komisi I pada 2 Desember 2022 telah melaksanakan rapat untuk mendengarkan visi dan misi Calon┬áPanglima┬áTNI┬ádan melakukan pendalaman dari pemaparan visi dan misi Calon┬áPanglima┬áTNI┬átersebut,” kata Meutya.

“Untuk akhirnya setelah mendengarkan dan mempertimbangkan pandangan fraksi – fraksi dan anggota Komisi I DPR RI terhadap Calon┬áPanglima┬áTNI,” sambungnya.

Lebih lanjut, Meutya menambahkan Komisi I DPR RI memutuskan dan menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI serta memberikan apresiasi atas dedikasinya membawa TNI semakin maju dan profesional.

“Komisi I DPR RI memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Calon┬áPanglima┬áTNI┬áLaksamana┬áTNI┬áYudo Margono sebagai┬áPanglima┬áTNI,” lanjut Meutya.

Setelah menyampaikan laporan Komisi I DPR, giliran Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai pimpinan rapat yang meminta persetujuan atas hasil uji kelaikan calon Panglima TNI.Puan didampingi Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, Lodewijk F. Paulus, Muhaimin Iskandar dan Rachmat Gobel di rapat paripurna DPR.

“Apakah laporan Komisi I DPR RI atas hasi uji kelaikan fit and proper test calon┬áPanglima┬áTNI┬átentang pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika Perkasa dari jabatan┬áPanglima┬áTNI┬ádan persetujuan pengangkatan Laksamana┬áTNI┬áYudo Margono sebagai┬áPanglima┬áTNI┬áapakah dapat disetujui?” tanya Puan.

“Setuju,” jawab kompak anggota dewan.

Puan berharap kepada Laksamana Yudo Margono yang telah disetujui sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa bisa membawa institusi TNI semakin baik ke depannya.

“Tentu saja DPR berharap kinerja dari TNI akan semakin baik, menjalankan tugasnya secara amanah,” kata Puan.

Puan juga berharap Yudo bisa memperkuat dan menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan sebaik-baiknya.  Sebab, kata Puan, tugas dari Panglima TNI masih banyak sekali yang harus dilakukan. Bukan hanya meneruskan apa saja yang sudah dilaksanakan, lebih jauh dari itu Laksana Yudo bisa terus memperbaiki institusi TNI.

“Bukan hanya masa depan TNI, tapi juga masa depan seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

“Dan memperkuat hal-hal yang terus harus dijalankan, untuk bangsa dan negara,ÔÇŁ tandas Puan.

Tunggu Dilantik Presiden

Posisi Panglima TNI masih dijabat Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada Rabu (21/12/2022). Laksamana Yudo Margono sebagai pengganti yang telah disahkan DPR tinggal menunggu pelantikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Yudo mendapat dukungan penuh dari mulai dari pengiriman surat presiden (surpres) hingga verifikasi faktual Komisi I ke rumah dinasnya.

Dia juga didampingi petinggi matra TNI lainnya yaitu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo selama fit and proper test. Yudo juga diantarkan dan ditemani Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat ujian tersebut.

 

Baca Juga : Khofifah dan Emil Dardak akan Diperiksa KPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *