News

Fenomena Langka di Makkah Arab Saudi, Pegunungan Menghijau diguyur Hujan Deras

Losresultados.info – Pegunungan di wilayah Makkah Arab Saudi yang dulunya gersang dan kering kini menjadi hijau setelah hujan deras yang turun di kerajaan Teluk dalam beberapa pekan terakhir. Video dan foto tentang Pegunungan Makkah Al-Mukarramah viral di media sosial.

Pegunungan Makkah Al-Mukarramah dulunya kering dan tandus, tapi sekarang hijau dan sangat asri dipandang mata. Saudi Press Agency (SPA) membagikan rekaman video pegunungan ini. Dikatakan bahwa fenonema ini baru pertama kali dan belum pernah terjadi sebelumya.

“Pegunungan Makkah Al-Mukarramah diselimuti warna hijau,” tulis SPA.

Pujian tentang keindahan Pegunungan Makkah Al-Mukarramah juga diberikan oleh Royal Commission for the Makkah City and the Holy Sites (RCMC) di Twitter.

“Tuhan memperindah Mekkah dengan pegunungan, dataran, dan lembahnya. Yang membawa warisan sejarah, budaya dan wisata yang membuat kita menunjukkan kepada dunia keindahan Makkah Al-Mukarramah.”

Ternyata, belakangan ini Arab Saudi mengalami hujan terus menerus. Waktu itu, Arab Saudi sampai banjir karena hujan deras. Selain banjir, ada sisi baik yang didapatkan. Kini Pegunungan Makkah Al-Mukarramah makin cantik.

Kondisi yang ternyata juga telah menyebar ke daerah lain, termasuk kegubernuran Laith, Taif, dan Jeddah.

Banyak yang mengungkapkan kekaguman mereka dan keinginan mereka untuk melestarikan alam baru, dengan salah satu pengguna Twitter mengatakan:

“Alhamdulillah dan terima kasih kepada Tuhan saja, kami meminta Yang Mahakuasa untuk mengabadikan (tanaman hijau) sebagai berkah bagi kami dan melindunginya dari menghilang,” tulis salah satu akun.

Pengguna lain, Ahmad Al-Assaf, berkata, “Sebuah lembah tanpa budidaya, dan terima kasih kepada Tuhan bumi dan langit, gunung-gunung di sekitarnya menjadi hijau dan gembira, Segala puji bagi Tuhan kami.”

Penduduk wilayah itu, ditemani oleh keluarga mereka, bepergian mengunjungi fenomena alam di sekitar wilayah tersebut, termasuk Taman Al-Maghmas, Ain Shams, Al-Barza, Al-Bayda, Tafil, dan Hoda Al-Sham untuk menikmati keindahan alam. Berbagai kegiatan dilakukan, termasuk mengadakan barbekyu luar ruangan.

Fenomena Langka di Makkah Arab Saudi, Pegunungan Menghijau diguyur Hujan Deras

Arab Saudi mengalami hujan lebat dan banjir di bagian Barat dan Tengah negara itu dalam beberapa pekan terakhir, membuat kota-kota terendam air.

Curah hujan yang deras bahkan menyebabkan tertundanya debut Cristiano Ronaldo di Al-Nassr FC awal pekan ini, karena gangguan listrik di stadion.

Faktor lainnya adalah program penghijauan melalui Saudi Green Initiative atau SGI. Sejak peluncuran SGI, Arab Saudi telah menanam 18 juta pohon dan 13 juta di antaranya adalah bakau.

Seiring dengan Inisiatif Hijau Timur Tengah yang lebih luas, forum SGI di Sharm El-Sheikh mempresentasikan peta jalan untuk aksi iklim Kerajaan, untuk mencapai tujuan net-zero pada 2060.

NEOM, megacity senilai US$ 500 miliar yang sedang dibangun di Kerajaan Arab Saudi, telah berjanji bahwa 1,5 juta hektar lahan akan direhabilitasi dan 100 juta pohon, semak, serta rerumputan asli akan ditanam pada 2030.

Secara regional, SGI berencana menanam 50 miliar pohon di seluruh Timur Tengah dan merestorasi area yang setara dengan 200 juta hektar lahan terdegradasi. Pada gilirannya ini akan mengurangi tingkat karbon global sebesar 2,5 persen.

Untuk mendanai proyek ini, Public Investment Fund atau PIF akan menggelontorkan lebih dari US$ 10 miliar pada 2026 dalam proyek ramah lingkungan yang memenuhi syarat, termasuk energi terbarukan, transportasi bersih, dan pengelolaan air berkelanjutan.

Program Arab Saudi menghijau ini dipimpin langsung oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Ia telah meluncurkan moto, “aksi iklim, keamanan energi, dan kemakmuran ekonomi harus diperlakukan sama.”

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *