News

Di Lumajang, Kecelakaan Kereta Api Probowangi Tabrak Minibus 11 Orang Tewas

Kecelakaan Kereta Api – Pada hari Minggu, 19 November 2023, terjadi kecelakaan maut antara kereta api Probowangi dengan minibus di Desa Ranupakis, Lumajang, Jawa Timur. Kecelakaan tersebut mengakibatkan 11 orang tewas dan 4 orang luka-luka.

Kronologi kecelakaan tersebut bermula saat kereta api Probowangi yang melaju dari arah Banyuwangi menuju Surabaya melintas di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Desa Ranupakis. Pada saat yang bersamaan, sebuah minibus bernomor polisi N 7646 T melaju dari arah barat ke timur. Minibus tersebut diduga tidak mendahului kereta api yang sudah melintasi perlintasan.

Kereta api Probowangi yang melaju dengan kecepatan tinggi langsung menabrak minibus tersebut. Minibus tersebut terseret sekitar 50 meter dan ringsek.

Di Lumajang, Kecelakaan Kereta Api Probowangi Tabrak Minibus 11 Orang Tewas

Akibat kecelakaan tersebut, 11 orang penumpang minibus tewas di tempat. Sementara itu, 4 orang lainnya mengalami luka-luka dan dibawa ke Puskesmas Klakah untuk mendapatkan perawatan.

Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang mengatakan, kecelakaan tersebut diduga akibat kelalaian pengemudi minibus. Pengemudi minibus diduga tidak memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan tidak mendahului kereta api yang sudah melintasi perlintasan.

“Pengemudi minibus diduga kurang berhati-hati dan tidak memperhatikan rambu-rambu lalu lintas,” kata Boy Jeckson Situmorang.

Peristiwa kecelakaan tersebut menimbulkan kesedihan mendalam bagi keluarga korban. Pemerintah daerah setempat menyampaikan belasungkawa dan akan memberikan bantuan kepada keluarga korban.

Kecelakaan tersebut juga menjadi peringatan bagi masyarakat agar selalu berhati-hati saat melintas di perlintasan kereta api. Masyarakat diimbau untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mendahului kereta api yang sudah melintasi perlintasan.

Di Lumajang, Kecelakaan Kereta Api Probowangi Tabrak Minibus 11 Orang Tewas

Pencegahan dalam Kecelakaan Kereta Api

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kecelakaan kereta api:

  • Patuhilah rambu-rambu lalu lintas di perlintasan kereta api.┬áRambu-rambu tersebut biasanya berupa tanda “Perlintasan Kereta Api Bersinyal” atau “Perlintasan Kereta Api Tidak Bersinyal”.
  • Berhentilah sebelum rel kereta api dan pastikan bahwa kereta api sudah lewat sebelum Anda melanjutkan perjalanan.┬áJika perlintasan kereta api tidak memiliki palang pintu, pastikan bahwa kereta api sudah lewat sebelum Anda melintas.
  • Jangan pernah mencoba untuk mendahului kereta api yang sudah melintasi perlintasan.┬áKereta api memiliki kecepatan yang tinggi dan tidak bisa berhenti dengan cepat.
  • Hati-hatilah saat berkendara di malam hari, karena visibilitas Anda akan berkurang.┬áPastikan bahwa Anda dapat melihat kereta api dengan jelas sebelum melintas.

Berikut adalah beberapa tips keselamatan untuk pejalan kaki di perlintasan kereta api:

  • Selalu berhati-hati saat melintasi perlintasan kereta api.┬áPastikan bahwa Anda dapat melihat kereta api dengan jelas sebelum melintas.
  • Jangan pernah melintasi perlintasan kereta api saat sinyal menunjukkan “Peringatan” atau “Berhenti”.
  • Jangan pernah menyeberangi rel kereta api di depan atau di belakang kereta api.
  • Jika Anda melihat kereta api mendekat, segera menjauh dari rel kereta api.

Berikut adalah beberapa tips keselamatan untuk pengendara sepeda di perlintasan kereta api:

  • Turunlah dari sepeda Anda sebelum melintasi perlintasan kereta api.
  • Pastikan bahwa Anda dapat melihat kereta api dengan jelas sebelum melintas.
  • Jangan pernah melintasi perlintasan kereta api saat sinyal menunjukkan “Peringatan” atau “Berhenti”.
  • Jangan pernah menyeberangi rel kereta api di depan atau di belakang kereta api.
  • Jika Anda melihat kereta api mendekat, segera menjauh dari rel kereta api.

Baca Juga : Masakan Oden Khas Jepang, Berikut Resep dan Sejarahnya 2023

Di Lumajang, Kecelakaan Kereta Api Probowangi Tabrak Minibus 11 Orang Tewas

Pembelajaran dari kecelakaan kereta api di Lumajang

Kecelakaan kereta api di Lumajang yang menewaskan 11 orang merupakan kejadian yang sangat mengenaskan. Kecelakaan tersebut mengingatkan kita semua akan pentingnya keselamatan di perlintasan kereta api.

Berikut adalah beberapa pembelajaran yang dapat diambil dari kecelakaan tersebut:

  • Pengemudi minibus di duga lalai dan tidak memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. Hal ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, terutama saat melintas di perlintasan kereta api.
  • Perlintasan kereta api tanpa palang pintu merupakan salah satu faktor risiko terjadinya kecelakaan.┬áPemerintah perlu melakukan upaya untuk meningkatkan keselamatan di perlintasan kereta api tanpa palang pintu, misalnya dengan memasang rambu-rambu lalu lintas yang lebih jelas dan memasang lampu peringatan.
  • Kecelakaan kereta api dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar, baik secara materi maupun nonmateri.┬áOleh karena itu, kita semua perlu berkontribusi untuk mencegah terjadinya kecelakaan kereta api.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *