Terjadi Lagi! Gempa Guncang Sumur Banten Terasa hingga di Lampung Magnitudo 5,2 SR

Losresultados.info – Gempa bermagnitudo 5,2 guncang sumur banten hingga Lampung Selatan yang berpusat di kedalaman 10 kilometer, Sabtu (17/12/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan gelombang tinggi di perairan indonesia. Gempa terjadi pada pukul 04.50 WIB. Titik lokasi gempa ada di koordinat 6.25 lintang selatan dan 105.04 bujur timur. Lokasi pusat gempa 75 km Barat Laut Sumur-Banten.

Terdapat potensi gelombang tinggi berkisar 1,25 hingga 4 meter yang melanda sejumlah perairan. Terdapat pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Sementara itu, kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan P. Enggano, Laut Natuna Utara, Perairan Kep. Anambas dan Kep. Natuna. Arahan gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG di akun Twitter-nya, Sabtu (17/12/2022).

BMKG juga menjelaskan bahwa gempa berpusat di Sumur, Banten, dirasakan dalam skala MMI III di Lampung Selatan, II-III Bandar Lampung, II-III Pesawaran, II Kotabumi, II Pringsewu, dan II Metro.

Skala II-III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah seperti ada mobil truk lewat. Belum diketahui ada tidaknya korban jiwa dan kerusakan akibat gempa di Sumur, Banten.

 

Baca Juga: Penyebab Terjadinya Gempa Di Karangasem Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *