Jepang Beri Peringatan Ancaman Tsunami Akibat Erupsi Gunung Semeru

Losresultados.Info – Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur, erupsi dan memuntahkan awan panas sejauh 7 KM. Badan Meteorologi Jepang pun memperingatkan ancaman timbulkan tsunami di wilayah jepang akibat erupsi Gunung Merapi.

Status Gunung Semeru dinaikkan dari level 3 (siaga) menjadi level 4 (awas), terhitung pada Minggu, 4 Desember 2022, pukul 12.00 WIB.

Akibat dari erupsi Gunung Semeru membuat badan cuaca Jepang memperingatkan potensi ancaman tsunami yang mungkin terjadi. Menurut badan Jepang tsunami dapat tiba di pulau Miyako dan Yaeyama di prefektur selatan pulau Okinawa, pada pukul 11.18 waktu Jepang atau sekitar pukul 14.30 WIB.

Namun, Badan Meteorologi Jepang kemudian mengatakan tidak ada perubahan pasang surut yang signifikan yang diamati di dalam dan luar negeri sejauh ini.

Saat ini, PVMBG telah meminta para warga yang berada dekat di wilayah Gunung Semeru untuk tetap mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar. Biasanya potensi tersebut berada di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Semeru.

Warga sekitar juga telah diminta untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 13 KM dari kawah atau puncak.

Baca Juga: Detik-Detik Gunung Semeru Erupsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *