Kronologi Kebakaran Masjid Jakarta Islamic Centre Saat Renovasi Kubah

Kronologi Kebakaran Masjid Jakarta Islamic Centre Saat Renovasi Kubah

Losresultados.info РKubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) alami kebakaran di Jalan Kramat Raya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. Kebakaran tersebut  terjadi pada Rabu (19/10/2022) sekitar pukul 15.00 WIB sore, berawal ketika pekerja bangunan sedang melakukan renovasi pada kubah masjid.

Kepala Pengelola JIC Muhammad Subki mengatakan, saat kebakaran terjadi, masjid tersebut tengah dalam proses renovasi. Sehingga, masjid ditutup untuk kegiatan ibadah. Renovasi kali ini merupakan renovasi besar-besaran pertama sejak 20 tahun terakhir.

Sebetulnya memang ruangan ibadah utama ini sudah satu bulan tidak digunakan karena memang sedang direnovasi. Jadi memang untuk kegiatan ibadah, kami sudah evakuasi ke lantai dasar di bawah lantai utama (lantai 2),” kata Subki di JIC, Kamis (20/10/2022).

” Sudah pernah renovasi kecil-kecilan, sedikit-sedikit, tapi ini yang rencananya renovasi total kubah baru kali ini, setelah kurang lebih 19-20 tahun,” lanjut Subki.

Subki menjelaskan, renovasi kali ini bukan berupa perombakan kerangka kubah, melainkan perbaikan lapisan kubah.

” Renovasi hanya mengubah lapisan. Mulai lapisan dalam dia kan ada beberapa lapis, ada underlayer, tripleks, dan sebagainya. Kami hanya mengupas lapisannya, tidak mengubah kerangkanya,” jelas Subki.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo memanggil para saksi kebakaran kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) tersebut.

” Kami akan minta bantuan Puslabfor Polri untuk mencari penyebab kebakaran. Untuk saat ini sudah ada empat pekerja kami amankan ke Polres untuk dimintai keterangan,” uajr Wibowo dilokasi kebakaran.

Wibowo juga mengatakan, Keempat pekerja akan dimintai menjelaskan bagaimana situasi saat itu, termasuk Standard Operational Procedure (SOP). Tak hanya empat pekerja saja, polisi juga akan memanggil semua pihak yang terlibat termasuk pengelola masjid.

” Bagaimana SOP-nya, apakah sudah dilaksanakan atau tidak, termasuk kami sandingkan penyebab kebakaran,” imbuh Wibowo.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan kebakaran kini telah memasuki tahap pendinginan.

” Sampai saat ini sudah pendinginan, sudah di lokalisir sehingga tidak jadi perambatan (api) lagi,” ujar Satriadi.

Agar api tidak merambat, Gulkarmat menurunkan setidaknya 21 unit mobil pemadam kebakaran (damkar), dengan 105 personel. Pihaknya juga meminta sejumlah bantuan masing-masing dua unit damkar dari Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

Sekitar pukul 17.00 WIB Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga tampak meninjau lokasi kebakaran. Selain itu, Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim juga hadir di lokasi tersebut.

 

 

 

 

Baca Juga: Bos Judi Online Apin BK Ditangkap di Malaysia, Kapolri Jemput Apin BK di Bandara Soekarno-Hatta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *