Kabar Duka! Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun, Jokowi Ikut Berduka

Kabar Duka! Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia dalam Usia 96 Tahun, Jokowi Ikut Berduka

losresultados.info – Kabar duka datang dari Kerajaan Inggris, Istana Buckingham. Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (08/09/2022) di usianya yang 96 Tahun. Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia. Ratu Elizabeth II telah bertakhta selama 70 tahun, sang ratu dikatakan sebagai penguasa terlama di inggris dan pemimpin tertua di dunia.  Ratu Elizabeth II adalah rau monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat di Inggris dan ketua dari 54 anggota negara-negara persemakmuran. Sang Ratu juga merupakan Gubernur Agung Gereja Inggris.

Elizabeth Alexandra Mary Windsor lahir pada 21 April 1926, di sebuah rumah di dekat alun-alun Barkeley di pusat kota London. ia adalah anak perempuan tertua dari Albert atau Duke of York yang merupakan putra kedua Raja George VI dan istrinya yang dikenal sebagai Lady Elizabeth Bowes-Lyon.

Ratu Elizabeth II naik takhta pada 6 Februari 1952, karena sang ayah, Raja George VI meninggal dunia. Masa pemerintahannya selama 70 tahun merupakan masa pemerintahan terpanjang dalam sejarah Monarki Britania Raya mengalahkan nenek buyutnya, Ratu Victoria yang memerintah selama 63 tahun.

Ratu Elizabeth II menjadi Ketua Persemakmuran sekaligus ratu dari tujuh Alam Persemakmuran Merdeka (Commonwealth Realms). Yang meliputi Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan, dan Sri Lanka.

“Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral pada petang ini. Upacara bagi raja dan ratu akan diadakan di Balmoral malam ini dan akan di bawa ke London pada besok hari,” kabar yang disampaikan dalam pernyataan Istana Buckingham.

Hingga saat ini, masih belum diketahui apa penyebab Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Namun, kejadian bermula ketika kondisi kesehatan ratu menurun pada Kamis pagi.

Meski pemberitaan terdengar buruk, pihak istana sempat mengeluarkan pernyataan lain yaitu mengatakan ” Sang Ratu dalam keadaan nyaman dan berada di Balmoral.”

Saat kondisi Ratu Elizabeth II dalam masa pengawasan, seluruh anggota utama kerajaan sedang tidak ada di sampingnya. Informasi kemudian disampaikan ke anggota kerajaan lain untuk segera pulang, dan mendampingi Ratu Elizabeth II.

Mendengar informasi ini, Pangeran Charles langsung melakukan perjalanan ke Balmoral bersama istrinya, Duchess of Cornwall dengan The Duke of York serta Count dan Countess of Wessex. Putri Anne juga bergegas datang.

Pangeran William, yang ada di urutan ketiga takhta inggris juga segera datang. Sementara, Pangeran Harry dan Meghan Markle berada di Jerman. Keduanya kini dilaporkan sedang melakukan perjalanan ke Balmoral, kata juru bicara pasangan itu. Namun diketahui Harry datang sendirian.

Kabar Duka! Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia dalam Usia 96 Tahun, Jokowi Ikut Berduka

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo turut berduka atas kepergiannya Ratu Elizabeth II. Jokowi menganggap Ratu Elizabeth II sebagai ratu yang dicintai secara luas.

“Saya sangat sedih mendengar kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II, ratu yang dikagumi dan dicintai secara luas,” Kata Jokowi dalam pernyataan di Twitter, Jumat (09/09/2022).

Lalu kemudian menuliskan, “Rasa simpati dan belasungkawa saya sampaikan keluarga kerajaan, pemerintah, dan masyarakat Inggris.”

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II bakal berlangsung di bawah protokol London Bridge. Protokol ini merinci prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II berlangsung, dari Skotlandia hingga ke London. Jenazah Ratu akan disemayamkan di Aula Westminster selama beberapa hari. Masyarakat dapat mengunjungi jasadnya selama 23 jam dalam sehari.

Ratu Elizabeth II akan dikubur di Kapel St. George di Kastil Windsor. Sang Ratu akan dikebumikan di sebelah makam suaminya, Pangeran Philip.

 

 

 

Baca Juga:Hari Ini, BEM SI Gelar Demonstrasi Tolak Kenaikan BBM di Depan Istana, Polisi Siapkan Pengamanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.