Hari Ini, BEM SI Gelar Demonstrasi Tolak Kenaikan BBM di Depan Istana, Polisi Siapkan Pengamanan

Hari Ini, BEM SI Gelar Demontrasi Tolak Kenaikan BBM di Depan Istana, Polisi Siapkan Pengamanan

Losresultados.info – Mahasiswa yang bergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar aksi demonstrasi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di depan istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (08/09/2022).

Aparat Kepolisian menyiapkan pengamanan ketat di sejumlah titik untuk mengawal aksi unjuk rasa oleh BEM SI. Aksi unjuk rasa ini tersebut digelar untuk menuntut pemerintah menurunkan harga BBM.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan aksi demo BBM dari BEM SI ini akan dipusatkan di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

“Aksi terkait BBM di Patung Kuda, Arjuna Wiwaha terus ada 8 titik lainnya yang tidak terkait dengan BBM itu juga harus dijaga,” kata Komarudin kepada wartawan, Kamis (08/09/2022).

“Hari ini sesuai dengan Sprin ada 5.800 personil disiapkan di seluruh wilayah Jakpus,” Komarudin menerangkan bahwa ada 5.800 personil diturunkan untuk menjaga sejumlah titik unjuk rasa di Jakarta Pusat.

Komarudin juga menerangkan, rekayasa arus lalu lintas telah di siapkan khususnya di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha,Jakarta Pusat. Namun, pemberlakukan rekayasa lalu lintas tergantung dengan situasi dan kondisi di lapangan.

“Kita tetap situasional. Tentunya kami berharap yang hari ini bisa memanfaatkan parkiran di barat daya (silang monas) sehingga akses masyarakat tidak tertutup,” ujar dia.

Aparat Kepolisian sudah berkomunikasi dengan sejumlah koordinator unjuk rasa supaya tetap mematuhi aturan yang berlaku. Komarudin mengatakan, penyampaian aspirasi merupakan hak setiap warga negara dan diatur dalam undang-undang. Namun tentunya dengan memperhatikan dan menghormati hak-hak pengguna jalan lainnya.

“Jangan sampai penyampaian aspirasi itu keluar dari ketentuan hukum yang berlaku. Jangan sampai justru memperjuangkan aspirasi masyarakat tapi malah menyusahkan masyarakat,” ujar Komarudin

Hari Ini, BEM SI Gelar Demontrasi Tolak Kenaikan BBM di Depan Istana, Polisi Siapkan Pengamanan

Koordinator Media BEM SI Luthfi Yusrizal mengatakan, aksi unjuk rasa tersebut digelar untuk menuntut pemerintah menurunkan harga BBM.

“(Tuntutan) turunkan harga BBM, kami fokus ke harga BBM,” kata Luthfi saat dihubungi wartawan, Rabu (07/09/2022).

Luthfi memperkirakan, massa BEM SI yang akan berunjuk rasa sekitar 1.000 orang se-Jabodetabek, gabungan mahasiswa dari berbagai universitas.

“Peserta aksi rencananya 1.000 orang karena kami aksinya fokus ke wilayah Jabodetabek saja pesertanya,” ungkap dia.

“Nanti start di Perpusnas kemungkinan jam 13.00 WIB, arak-arakkan (Long March) ke arah Patung Kuda,” ucapnya lagi.

Menurut Luthfi, aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM itu akan dimulai pukul 13.00 WIB. Para peserta akan berjalan kaki dari Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

 

 

Baca Juga: Resmi Naik! Jokowi Umumkan Harga BBM Pertalite, Solar, dan Pertamax Naik Mulai Saat Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.