Cacar Monyet Berstatus Darurat Kesehatan Global, Sudah Tersebar di 75 Negara

Cacar Monyet Berstatus Darurat Kesehatan Global, Sudah Tersebar di 75 Negara

Losresultados.info РCacar monyet atau yang dikenal dengan Monkeypox resmi di tetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Minggu, 24 Juli 2022.  Penetapan ini telah dilalui berbagai pertimbangan sejak sebulan yang lalu.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut cacar monyet yang meluas di lebih dari 75 negara merupakan situasi luar biasa yang memenuhi syarat untuk status keadaan darurat global.

“Saya telah memutuskan bahwa wabah cacar monyet global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” ujar Tedros mengutip keterangan WHO pada Minggu, 24 Juli 2022.

Menurut WHO, cacar monyet adalah penyakit virus yang berasal dari hewan dan biasanya ditemukan di daerah hutan hujan tropis Afrika Tengah dan Barat. Penyakit ini sudah menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

Status ini adalah alarm bahwa respons internasional yang terkoordinasi diperlukan dan dapat membuka pendanaan serta upaya global untuk berkolaborasi dalam berbagai upaya vaksin dan juga perawatan.

Gejala Cacar Monyet

Cacar monyet atau dikenal sebagai Monkeypox merupakan penyakit yang memiliki masa inkubasi lama. Adapun masa inkubasi penyakit ini berlangsung selama 4 hingga 21 hari dari saat terinfeksi hingga muncul gejala.

Berikut ini sejumlah gejala dari cacar monyet:

  • Letih atau lemas.
  • Muncul gejala, seperti Demam, Flu, Nyeri Otot, Sakit Kepala, serta Menggigil.
  • Kelenjar getah bening yang membengkak.
  • Muncul ruam seperti melepuh yang mirip cacar air dimulai dari wajah dan menyebar ke tubuh lainnya. Jika penyakit tersebut dari hubungan seksual maka ruam akan muncul dari area dubur.
  • Ruam mengering sekitar satu atau dua minggu kemudian dan pemulihan berlanjut.

Profesor Queen Mary University London Chloe Orklin dalam jurnal terbarunya mengatakan bahwa gejala baru cacar monyet yang perlu jadi perhatian saat ini yaitu:

  • Adanya luka di Mulut atau Bibir.
  • Munculnya borok tunggal.
  • Luka di mukosa dubur.

Penyebab Cacar Monyet

Cacar monyet disebabkan oleh virus Monkeypox, yaitu virus yang termasuk dalam kelompok Orthopoxvirus. Virus ini awalnya menular dari hewan ke manusia melalui cakaran atau gigitan, seperti tupai, monyet atau tikus yang terinfeksi virus Monkeypox.

Penularan Virus Monkeypox ini juga dapat terjadi lewat kontak langsung dengan cairan tubuh hewan yang terinfeksi.

Cacar monyet menyebar antarmanusia melalui percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka di kulit. Penularan juga bisa terjadi melalui benda yang terkontaminasi, seperti pakaian penderita. Namun, penularan antarmanusia membutuhkan kontak yang lama.

Pencegahan Cacar Monyet

Pencegahan yang utama adalah menghindari kontak langsung dengan hewan primata dan pengerat, seperti monyet dan tupai, atau orang-orang yang sedang terinfeksi.

Beberapa langkah pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah:

  • Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau¬† hand sanitizer, sebelum melakukan kegiatan.
  • Menghindari berbagai penggunaan alat makan dengan orang lain, dan juga tidak menggunakan barang yang sama dengan orang yang terinfeksi cacar monyet
  • Menghindari kontak dengan hewan liar atau mengkonsumsi dagingnya.
  • Memasak bahan makanan, terutama daging yang dimasak hingga matang.

Jika memiliki hewan peliharaan yang diduga terinfeksi virus cacar monyet, segera hubungi dokter hewan dan jangan biarkan hewan tersebut berkeliaran. Penting untuk diingat, gunakan sarung tangan dan masker sebelum kontak dengan hewan peliharaan tersebut.

Baca Juga: Cara Mencegah Penularan Hepatitis Akut Pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.